8 Makanan Penurun Gula Darah Tinggi

Didalam kebanyakan kasus bagi penderita Diabetes Melitus sendiri terjadi oleh karena pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi cenderung bisa memicu terjadinya penyakit kencing manis (DM) khususnya pada penyakit diabetes type 2.

Dengan menahan dan mengendalikan makanan yang berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah, maka akan memperkecil resiko dampak dari penyakit kencing manis dan juga  untuk tetap menjaga kadar gula dalam darah selalu dalam ambang atas normal.

8 Makanan Penurun Gula Darah Tinggi


Untuk itu sangatlah diperlukan pengetahuan mengenai jenis makanan dan minuman apa yang dapat menimbulkan kadar gula darah naik dan sebaliknya makanan dan minuman apa saja yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan efektif.

Pada kesempatan ini kami ingin sedikit memberikan informasi terkait dengan makanan dan minuman apa saja yang mampu membantu penderita diabetes melitus ini menurunkan kadar gula dalam darahnya, diantaranya adalah :

1. Sayur Pare

sayur pare menurunkan kadar gula darahSayur yang pertumbuhannya dengan cara  merambat ini yang telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat asia khususnya sebagai bahan makanan dan juga biasa digunakan untuk bahan pengobatan. Sayur pare ini memiliki rasa yang pahit, dibalik rasa pahitnya ini pulalah sayur pare memiliki khasiat sebagai penurun kadar gula dalam darah yang sangat efektif. Selain itu, pare juga bermanfaat sebagai obat tukak lambung atau sakit maag yang bisa di konsumsi dengan rutin.

2.  Konsumsi bawang Putih

Bumbu masak yang biasanya ada didapur ini dapat juga digunakan sebagai obat alami penurun kadar gula yang baik, dikarenakan didalam bawang ini banyak kandungan senyawa aktifnya  antara lain seperti allicin dan juga senyawa alil propil disulfida.

3. Cinnamon (rempah kayu manis)

Rempah yang berasal dari dan diambil dari pohon kayu manis (kulitnya saja) selain sebagai rempah-rempah dalam masakan maupun minuman dapat juga dijadikan alternatif lain penurun gula darah, dan juga didalam kulit kayu manis ini kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

4. Oatmeal

Bahan makanan pengganti seperti oat yang berasal dari jenis biji-bijian ini kaya akan serat baik seperti serat beta-glucan. Selain berguna sebagai obat sakit maag, Kandungan serat yang sangat banyak dan baik ini mampu dengan efektif menurunkan dan menormalkan kadar gula didalam tubuh. Tak hanya itu oatmeal ini juga bisa membantu anda dalam hal menurunkan berat badan / diet sehat yang optimal.

5. Buah Apel

apel penurun gula dalam darahDengan hanya mengkonsumsi buah apel setidaknya 1 buah perharinya dapat memperkecil resiko terkena penyakit diabetes tipe 2, dan juga didalam buah apel ini banyak zat pektinnya yang berkhasiat dalam hal mengurangi kadar gula dalam darah.

6. Kacang Kedelai

Biji kacang kedelai ini merupakan bahan makanan dan minuman yang kaya manfaat, serat dan juga zat protein tinggi. Makanan dan minuman olahan dari kacang kedelai ini juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis, namun dengan catatan tidak ditambah dengan bahan tambahan lainnya. Disamping memberi manfaat untuk gula darah, kacang kedelai juga bermanfaat sebagai obat asam lambung untuk membantu mengatasi penyakit asam lambung pada pria dan wanita.

7. Cabe

Beruntung bagi anda yang suka dengan makanan pedas, cabe yang membuat sensasi pedas dan dapat  membuat lidah seperti terbakar ini juga mampu meningkatkan insulin, kaya antioksidan, mengandung vitamin c yang tinggi dan juga karotenoid. cabe tak hanya pedas namun juga berkhasiat.

8. Teh Hijau

Sejak dahulu teh hijau ini digunakan oleh bangsa cina dan jepang dan dikonsumsi dalam kehidupan sehari-harinya. Ternyata dibalik nikmatnya meminum teh hijau ini, ada kebaikan dari alam yakni dapat mengendalikan kadar gula dalam darah agar selalu stabil dan juga menambah aktifitas dari produksi insulin.

Penyakit diabetes melitus memang berbahaya dapat mengakibatkan dan memicu terjadinya komplikasi berat seperti penyakit sistem kardiovaskular (jantung), stroke dan penyakit berbahaya lainnya. Untuk itu bijaklah dengan memilih makanan dan minuman apa yang baik untuk anda, dikarenakan segala penyakit itu berasal dari apa yang kita lakukan dan kita perbuat. Semoga bermanfaat, amin.
Load disqus comments

0 komentar